Perkembangan Ekonomi Electronic Digital Di Indonesia Dan Negara

pertumbuhan ekonomi online

Ekonomi digital telah menjadi kontributor besar bagi pertumbuhan ekonomi, memfasilitasi perdagangan, menciptakan lapangan kerja baru dan peluang ekonomi, serta memungkinkan bisnis untuk memperluas pasarnya. Saat ini kita telah memasuki dunia digital, segala hal memungkinkan dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet dengan perangkat gadget / smartphone. Hal itu semakin memudahkan mobilitas manusia dalam berkegiatan sehari – hari termasuk dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang ekonomi kreatif, sehingga fenomena ini semakin mengukuhkan dunia menuju arah togel singapore ekonomi digital. Misalnya secara sederhana kita mengenal email, penggunaan website, aplikasi, pengelolaan produk secara online, serta transaksi online. Melalui tiga langkah fokus dalam mengembangkan e-commerce tersebut semakin jelas bahwa kerja sama semua bidang sangatlah dibutuhkan. Sekiranya, mulai dari pemanfaatan potensi dan partisipasi masyarakat Indonesia dengan baik itulah, bisa dipastikan upaya tersebut dapat mendorong dan mendongkrak pertumbuhan perekonomian nasional yang akhirnya bisa memberikan kontribusi kesuksesan pengembangan ekonomi digital di tengah covid-19.

pertumbuhan ekonomi online

Logis adanya, jika potensi industri e-commerce di Indonesia tidak layak untuk dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen.

Aliran investasi asing yang diterima dalam bidang usaha bisnis online memiliki dua dampak yang saling bersebrangan. Jika dikelola dengan baik maka dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi namun jika tidak, penguasaan asing dapat berlebih terhadap sumber daya milik negara. Berbagai negara mulai mencanangkan untuk fokus menggarap potensi pada ekonomi digital, salah satunya juga dilakukan oleh Indonesia. Pemerintah sendiri telah mencanangkan target pada 2020, nilai bisnis ekonomi digital Indonesia mencapai USD 130 miliar atau setara Rp 1. 730 triliun. Terlebih, survei APJII pada 2016 yang mengungkapkan pengguna internet Indonesia ada 132, 7 juta akan terus mengalami peningkatan seiring masih banyaknya masyarakat dan daerah yang akan dipenuhi kebutuhan layanan internetnya.

Hal ini ditandai dengan munculnya perusahaan-perusahaan startup yang valuasinya bahkan di atas US$ 1 miliar. Perusahaan-perusahaan tersebut berserak di sektor transportasi online, e-commerce, fintech, hingga agen travel. Laporan OECD BEPS Action 1 membahas beberapa isu dan permasalahan dalam Ekonomi Digital namun secara garis besar isu tersebut dibagi menjadi dua bagian utama yaitu direct tax dan indirect tax. Di seluruh dunia, pesatnya pertumbuhan ekonomi digital telah mengubah tatanan bisnis, pemerintah dan masyarakat, di mana kini berbagai layanan, pekerjaan, dan kegiatan sosial dan pendidikan tersedia online.

Penanaman modal asing memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini disebabkan pembangunan nasional Indonesia memerlukan pendanaan yang sangat besar untuk dapat menunjang tingkat pertumbuhan ekonomi. Salah satu bidang usaha di Indonesia yang menarik minat investor asing adalah bisnis online atau perdagangan elektronik (e-commerce). Meningkatnya minat investor asing terhadap e-commerce di Indonesia menjadi salah satu tugas pemerintah untuk memberikan keamanan, kejelasan dan kenyamanan bagi penanam modal asing tapi tentu tidak melupakan para pelaku usaha lokal untuk dapat berkembang.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan skripsi ini adalah bahwa E-Commerce mempunyai peranan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. E-Commerce menjadi salah satu bidang usaha di Indonesia yang terbuka untuk asing dengan persyaratan tertentu sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016.

Ada sekitar 93, 4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Tak hanya sekedar untuk mencari informasi dan chatting, masyarakat di kota-kota besar kini menjadikan internet terlebih lagie-commerce sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Perilaku konsumtif dari puluhan juta orang kelas menengah di Indonesia menjadi alasan mengapa e-commerce di Indonesia akan terus berkembang. Nusa Dua – Dengan jumlah populasi yang besar, Indonesia mengalami laju pertumbuhan ekonomi digital yang tinggi.

Related Posts